cara membuat selai coklat dengan coklat bubuk

Cara Membuat selai coklat dengan coklat bubukSiapa sih yang tidak menyukai coklat? mulai dari anak kecil, sampai orang tua pasti sangat menyukai bahan makanan yang satu ini. coklat mempunyai citarasa yang sangat manis, lezat, nikmat, serta gurih ketika dinikmati di lidah. coklat ini juga selalu dijadikan sebagai bahan tambahan pelengkap roti maupun berbentuk coklat yang lain-nya.

Sekilas tentang Coklat

Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao.Coklat merupakan hasil olahan yang dihasilkan dari biji kakao yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan butir butir halus bubuk coklat yang kemudian bisa dijadikan dan diolah menjadi berbagai macam makanan yang menaklukkan lidah para menikmat dan pecinta coklat itu sendiri.

Coklat paling sering dijadikan perasa makanan yang berbahan dasar manis manis .Coklat juga sering dijadikan sebagai potongan coklat yang siap disantap langsung karena sudah melewati proses pengolahan dalam pembuatan coklat siap santap.

Baca Juga: Cara membuat sosis gulung mie yang mudah dan enak

Selai Coklat dengan Bubuk Coklat

Salah satu olahan coklat yang sangat diminati yaitu selai coklat. selai coklat ini hampir mirip bersama pasta coklat . anak-anak adalah salah satu peminat sejati coklat, jadi buat mencegah anak kita dari efek bahan pengawet alangkah baiknya membuat olahan coklat dirumah.

Selai coklat adalah jenis selai yang paling sering kita pakai.Anak-anak lebih suka dengan coklat dari pada selai kacang atau strawberry. Rasa coklat yang manis sangat menarik bagi anak-anak. Maka setiap kali kita membuat roti untuk bekal sekolah baik itu roti manis ataupun sandwich pasti kita pilih selai coklat.

  • Membantu Kesehatan Otak

Cokelat mengandung vitamin-C dan antioksidan flavonoid . Komponen utamanya yaitu polifenol seperti katekin, epicatechins, dan procyandins. Zat tersebut membantu kesehatan otak dan sistem saraf.  Zat tersebut juga mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, cokelat juga membantu meningkatkan kadar serotonin di otak . Serotonin berfungsi meningkatkan efisiensi otak dan daya ingat.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Flavonoid yang terdapat dalam cokelat, seperti epicatechin dan asam gallic sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Meskipun asam stearat menjadi asam lemak jenuh , tetapi tidak memberikan pengaruh pada tingkat kolesterol. Justru lemak tersebut bahkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sifat antioksidan flavonoid juga melindungi jantung dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

  • Mengatur Tekanan Darah

Flavonoid dalam cokelat mengandung polifenol seperti katekin, epicatechins, dan procyandins yang berfungsi meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, sehingga membantu menjaga tekanan darah.

  • Mengatur Suasana Hati

Cokelat juga mengandung kafein (meskipun tidak sebanyak kopi) yang merupakan alkaloid, theobromine dan phenylethylamine yang sangat efektif dalam mengatur suasana hati. Cokelat juga mengandung tryptophan yang  memiliki efek menenangka, khususnya pada kasus stress atau dalam keadaan tegang yang menjadikan emosi tidak terkontrol.

  • Meningkatkan Intelijen

Jika berada pada situasi proyek kerja, yang cukup memberikan tekanan, ada baiknya untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan.

Baca juga : cara membuat es krim sederhana yang lembut dan manis

Cara Membuat Selai Coklat Dengan Coklat Bubuk

Seperti yang sudah disebutkan diatas,kita akan bersama sama mencari tahu bagaimana cara membuat selai coklat menggunakan coklat bubuk.Nah penasaran kan caranya?Yok langsung saja kita simak sama sama cara membuat selai coklat dengan coklat bubuk ini.

Bahan-Bahan tentang Cara Membuat selai coklat dengan coklat bubuk:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 5/6 sdm gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis coklat
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdm margarin
  • 250 ml air

Cara Membuat selai coklat dengan coklat bubuk:

  1. Siapkan wajan teflon, masukkan susu, mentega dan bubuk coklat.
  2. Nyalakan api kecil, letakkan wajan diatasnya, sambil aduk2 adonan menggunakan sendok kayu / spatula, sampai rata dan semua menyatu ( mentega jangan sampai menjadi minyak ), sesekali wajan diangkat ( aduk rata tidak diatas api ).
  3. Tambahkan gula bubuk, aduk rata, kemudian ratakan semua adonan diatas api sesaat ( sudah agak lumer, angkat ), dinginkan, simpan dalam wadah tertutup rapat.
  4. Simpan didalam freezer untuk beberapa saat sampai selai agak mengeras sehingga bisa digunakan.

Jika ingin agar selai lebih awet ketika tidak kita konsumsi secara langsung sampai habis.bisa disimpan dengan metode pengemasan cup yang dikemas dengan mesin cup sealer sehingga kualitas dari selai coklat tersebut tetap terjaga.

Itu tadi cara membuat selai coklat dengan bubuk coklat yang bisa anda praktekkan dirumah. Semoga bermanfaat

baca juga :mau usaha warung kopi pinggir jalan?baca dulu kiat kiat usaha suksesnya

Similar Posts