cara membuat santan kental

Cara Membuat Santan Kental dan Tidak Mudah Pecah. Buah kelapa sudah sering manfaatkan oleh manusia, baik untuk kesehatan maupun sebagai bahan makanan. Baik dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi bahan yang lebih bernilai ekonomis.

Salah satu olahan buah kelapa yaitu santan, santan merupakan cairan yang berasal daging kelap yang diparut dan diperas bersama air. Santan kelapa biasanya digunakan untuk bahan campuran makanan dan minuman khas Indonesia.

Banyak sekali makanan di berbagai daerah Indonesia menggunakan santan sebagai salah satu bahan campuran makanan. Bahkan tidak sedikit orang yang merasa makanannya kurang sedap jika belum menggunakan santan kelapa.

Baca Juga Resep Puding Santan Sederhana dan Lezat karena dengan karena setelah membaca ini kamu pasti segera ini mencobanya

Namun santan kelapa juga tak hanya digunakan dimasakan Indonesia saja. Negara negara seperti India dan Thailand juga menggunakan santan untuk berbagai olahan makanannya.

Santan kelapa yang kental sering digunakan karena membuat rasa masakan lebih terasa gurih dibandingan menggunakan santan yang encer. Untuk itu banyak sekali orang yang menginginkan santan kental untuk olahan kuliner buatannya.

Kamu tidak usah khawatir karena ada tips cara membuat santan kental supaya masakanmu menjadi lebih gurih. Penasaran seperti apa cara? langsung saja berikut ini tipsnya.

Tips Cara Membuat Santan Kental

Untuk menghasilkan santan kelapa yang benar benar kental, pertama kita harus memilih kelapa yang sudah tua dulu. Kelapa yang sudah tua memiliki daging yang tebal dan tidak lunak sehingga sangat cocok dijadikan sebagai santan.

Namun jangan juga gunakan kelapayang terlalu tua karena hasil santannya juga kurang maksimal disebabkan kelapa yang terlalu kering.

Dan jangan lupa untuk membersihkan kelapa dari kulit arinya sebelum kelapa diparut. Bila tidak dibersihkan terlebih dahulu biasanya santan menjadi kurang bersih seperti terdapat butir kecil didasar santan.

Setelah buah kelapa dibersihkan sekarang kamu dapat memarut kelapa, bisa menggunakan mesin parut kelapa atau juga secara manual. Parutan daging kelapa yang lembut akan menhasilkan santan yang semakin banyak, karena sari yang dikeluarkan semakin banyak.

Supaya mendapatkan santan yang baik dan kental tentunya, gunakan air yang cukup panas atau air hangat bukan air yang sudah mendidih. Peraslah santan dhingga parutan kelapa sudah kering dan tidak dapat menghasilkan santan lagi.

Selain membuat santan yang kental kita juga sering mendengar santan pecah saat memasak makanan yang bersantan. Sebenarnya apakah santan pecah dan apa pengaruhnya untuk makanan yang sedang diolah?.

Santan pecah adalah keadaan dimana masakan yang bersantan kental, terlihat santannya menggumpal dan tidak menyatu dalam kuah masakan . Hal ini jarang terjadi untuk masakan yang hanya menggunakan santan encer.

Selain membuat penampilan masakan menjadi kurang menarik sehingga masakan tersebut menjadi tidak bisa diterima. Cita rasanya sudah pasti berpengaruh, masakan menjadi tidak gurih dan aroma harum khas santan tidak akan keluar.

Namun jangan khawatir untuk tetap menggunakan santan kental sebagai bahan masakanmu. Kami akan memberikan beberapa tips suapaya santan tidak pecah dimasakanmu ini dia.

Tips Supaya Santan Tidak Mudah Pecah

  • Terus Diaduk

Setelah memasukkan santan ke dalam makanan maka kamu harus terus mengaduk secara perlahan saja masakanmu. Jadi pastikan jangan melakukan aktivitas lain setelah santan kamu masukan ke masakan.

Mengaduk santan kelapa saat direbus, bisa membuat struktur santan tetap terjaga dan rasanya akan semakin lezat dan nikmat. Gunakan spatula untuk megaduk supaya lebih mudah.

  • Penggunaan Api

Saat santan sudah masuk dalam masakan pastikan gunakan api kecil sampai sedang. Karena api yang besar dapat membuat santan menjadi mudah pecah dan sulit tercampur.

  • Tambahkan Dengan Tepung Beras/Maizena

Menambahkan tepung beras atau maizena dapat meminimalisir pecahnya santan, tambahkan sedikit tepung pada santan aduk baru dimasukkan ke masakan.

Tak hanya meminimalisir pecahnya santan menambahkan tepung maizena juga dapat menghasilkan santan yang mempunyai tekstur yang sangat kental. Dengan ini kamu juga bisa membuat pasta santan.

  • Tambahkan Garam, Jeruk Purut, dan Potongan Daun Pisang

Selain cara cara diatas kamu juga bisa menambahkan daun pisang dan daun jeruk yang dicampurkan pada saat proses perebusan santan. Jangan lupa untuk mencuci dulu daun sebelum dimasukkan ke santan, baru setelah mendidih angkat dau dan saring.

Lebih baik kombinasikan garam dengan daun jeruk karena hasilnya akan lebih memuaskan. Namun jika kamu benar benar tidak ingin repot gunakanlah santan kemasan untuk cara lebih praktis membuat santan tidak pecah dan tetap kental

Mudah bukan? itulah tadi tips seputar santan kelapa yang bisa membantu mengolah kuliner berbahan sangat dengan tepat.

Santan alami memiliki tingkat ketahanan yang rendah untuk disimpan dalam waktu lama. Agar santan dapat disimpan lebih lama, kamu dapat merebusnya dengan menaburkan sedikit garam, lalu santan masak atau santan matang didinginkan untuk kemudian disimpan kedalam lemari pendingin

Sekian dulu tentang cara membuat santan kental semoga bisa menambah wawasanmu tentang santan kelapa, selamat mencoba.

 

Similar Posts