cara membuat rendang ayam

Cara Membuat Rendang Ayam Spesial

 

Cara membuat rendang ayam spesial, sebelum mengetahui cara pembuatannya baikknya kita kupas sedikit tentang rendang beserta manfaatnya.

 

Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda

Manfaat Rendang

1. Menunjang aktifitas tubuh

Khasiat rendang yang pertama dapat membantu menunjang aktifitas tubuh. Kandungan kalori yang ada di dalamnya akan bermanfaat sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsinya maka anda akan mendapatkan tenaga untuk menunjang aktifitas tubuh sehingga anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mudah merasa lelah.

2. Mengontrol berat badan

Jika anda mempunyai masalah dengan berat badan maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada pada rendang terbukti mampu mengontrol berat badan. Dengan rajin mengkonsumsinya maka akan mengontrol berat badan secara alami sehingga tubuh anda akan tetap terlihat ideal.

3. Sebagai sumber energi tubuh

Dengan mengkonsumsi rendang akan bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Tentu, hal ini sangat dibutuhkan untuk kekuatan tubuh anda. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Membantu proses pencernaan

Manfaat lainnya dari rendang juga berguna untuk membantu proses pencernaan. Proses ini berperan penting untuk tubuh. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk membantu proses pencernaan agar dapat bekerja dengan efektif. Maka dari itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah gangguan pada pencernaan.

5. Menjaga kesehatan otak

Rendang juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya berfungsi untuk menjaga fungsi otak agar tetap bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk perkembangan dan kesehatan otak.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tulang berfungsi sebagai kerangka tubuh yang melindungi seluruh organ manusia. Untuk menjaga kesehatan tulang maka anda hanya perlu mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam rendang dipercaya mampu menguatkan struktur tulang sehingga tidak mudah rapuh.

7. Baik untuk perkembangan tubuh

Jika saat ini anda dalam masa pertumbuhan maka anda bisa mengkonsumsi rendang sebagai menu pelengkap makanan anda. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya sangat baik untuk perkembangan tubuh.

8. Membangun jaringan tubuh

Kandungan protein dan juga fosfor yang ada pada rendang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan tubuh. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan yang menyehatkan.

9. Memperbaiki sel tubuh

Sel tubuh sangatlah penting untuk membangun sistem organ yang membentuk tubuh. Oleh karena itu, jika sel tubuh anda rusak maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan anda. Dengan rajin mengkonsumsi makanan ini akan berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan menggantikannya dengan sel-sel yang baru.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal sangat berperan penting untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin. Untuk menjaga kesehatan ginjal maka dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi rendang ini. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga memperlancar pembuangan racun melalui proses buang air kecil.

 

langsung saja ke proses cara membuat rendang ayam yang pertama kita siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu,

bahan:

  • 1 kg ayam yang sudah bersih
  • 1 batang serai ( memarkan )
  • 2 cm lengkuas ( memarkan )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 cm jahe ( memarkan )
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu halus :

  • 1 cm kunyit
  • 2 buah cabe merah besar
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Cara membuat rendang ayam :

  1. ayam di potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera
  2. kupas bawang secara manual atau menggunakan alat mesin pengupas bawang agar hasilnya dapat lebih maksimal
  3. tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng secukupnya hingga harum
  4. masukkan batang serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan jahe, aduk sampai layu
  5. tuangkam santan kedalam bumbu yang di tumis dan di diamkan hingg mendidih sambil  di aduk
  6. masukkan potongan ayam kedalam bumbu dandiamkan hingga kuah menyusut dan bumbu meresap
  7. tambahkan gula pasir, garam dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata dan matang
  8. rendang ayam sudah bisa di nikmati

untuk dapat melihat resep  masakan kami lainnya dengan mudah, dapat di akses melalui facebook : https://web.facebook.com/?_rdc=1&_rdr

Similar Posts