Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Cara Membuat Kue Ulang Tahun 

 Cara Membuat Kue Ulang Tahun

 

Kue Ulang Tahun yaitu?

Kue ulang tahun merupakan sebuah kue yang disajikan pada seseorang pada hari ulang tahunnya. Biasanya kue ulang tahun dihiasi dengan nama seseorang dan membawa pesan selamat. Lilin sama dengan jumlah tahun seseorang juga ditempatkan pada kue. Ada juga tradisi untuk meletakkan satu lilin untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun yang sering dijumpai biasanya dengan rasa coklat tapi jika anda ingin membuat dengan rasa lainnya juga boleh-boleh saja.

 

 

Bahan dalam Cara Membuat Kue Ulang Tahun:

1. 100 gr tepung terigu
2. 40 gr tepung maizena
3. 100 gr mentega (lelehkan)
4. 100 gr dark cooking cokelat
5. 500 gr whipped cream (kocok kaku)
6. 10 buah strawberry segar
7. 60 gr cokelat bubuk
8. 1 kaleng buah cherry atau strawberry
9. 200 gr gula pasir
10. 1/4 sdt vanili
11. 1 sdm sponge-28
12. 8 butir telur

 

Cara Membuat Kue Ulang Tahun:

1. Langkah pertama yaitu membuat adonan dengan mencampur bahan seperti tepung terigu, maizena dan coklat bubuk dan aduk sampai semua bahan tadi tercampur rata.

2. Ambil wadah lain kemudian bahan-bahan seperti telur, gula dan sponge-28 di kocok hingga mengembang.

3. Masukkan juga campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata semuanya dan masukkan mentega kedalamnya. Aduk sampai semua bahan merata.

4. Masukkan adonan ke dalam Loyang cetakan kue ulang tahun, panggang hingga matang. Setelah adonan kue ulang tahun matang, angkat dan dinginkan.

5. Potong melintang ataupun sesuai selera anda dan adonan dibagi menjadi 3 bagian, basahi dengan air cherry maupun bahan lainnya.

6. Oleskan juga dengan whipped cream pada satu lapisan, lalu letakkan buah cherry, lakukan juga untuk lapisan kedua kue ulang tahun.

7. Letakkan lapisan ketiga, balut dengan olesan whipped cream, tipis saja jangan terlalu banyak.

8. Setelah itu hias dengan dark cooking cokelat di seluruh bagian sisi kue ulang tahun, dan letakkan buah strawbery atau cherry sesuai selera sebagai topping untuk kue ulang tahun anda.

9. Selesai deh kue ulang tahun ala rumahan siap disajikan.

 

 

Fungsi telur dalam pembuatan roti :

Telur adalah bahan baku yang sangat penting pada hasil akhir adonan roti atau kue. Fungsi telur terhadap adonan kue yaitu menambah nilai gizi, menguatkan rasa,membantu proses pengembangan produk, memperlunak, dan memperbaiki tekstur remah dalam adonan, serta memperbaiki kulit adonan roti.

Kuning telur mengandung lesitin yang berfungsi untuk emulsilfer yang membuat roti menjadi lebih empuk. Jadi jangan sampai lupa menggunakan telur dalam pembuatan roti, karena telur sangat berpengaruh dalam pembuatan roti dengan kualitas yang baik dan bagus.

 

Fungsi bagian pada telur:

Putih telur : mempengaruhi volume adonan yang mengembang karena dalam adonan terdapat gelembung udara yang besar dan tak beraturan. Sehingga, adonan akan cepat turun karena jaringan terlalu lemah.

Kuning telur :dapat mempengarui volume adonan lebih kecil karena dalam kuning telur terdapat gelembung udara yang halus sehingga jaringan menjadi kuat dan tidak akan mudah turun.

Telur utuh (kuning dan putih telur) : mempengaruhi adonan bervolume sedang. Jaringan tidak terlalu lemah atau kuat ini membuat dalam proses pembuatan adonan menjadi lebih sempurna.

 

Tips Menyimpan Tepung Terigu yang Baik dan Benar:

1. Simpanlah tepung terigu dalam ruangan yang sejuk dan berfentilasi.
2. Jika membeli terigu dalam kemasan karung, alasi bagian bawah karungnya dengan papan penyangga.
3. Hindari tepung terigu dari sinar matahari secara langsung
4. Hindari dari bahan yang berbau tajam karena sifat telur dapat menghisap bau – bauan lain.
5. Hindari dari kotoran serangga

Similar Posts