cara membuat kerupuk lele

Cara membuat kerupuk lele – Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak digemari masyarakat, selain rasanya yang nikmat, ikan lele juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kita. Meskipun kerupuk ikan lele ini belum begitu familiar di kalangan masyarakat, tapi kerupuk ikan lele ini menawarkan rasa yang gurih dan sangat nikmat. Ikan lele memiliki harga jual yang cukup terjangkau, dengan begitu kerupuk lele bisa menjadi peluang usaha yang bagus.

Pada dasarnya, kerupuk ikan lele sama dengan kerupuk lainnya yaitu mengikat bahan utama dengan tepung tapioka sehingga menjadi adonan yang kemudian dipadatkan agar gampang dalam proses pengirisan/pemotongannya. Setelah itu barulah kerupuk mentah dijemur untuk kemudian bisa digoreng dan dikonsumsi.

Cara Membuat Kerupuk Lele

Ikan lele yang kita gunakan sebaiknya pilihlah ikan lele yang masih segar sehingga lebih terjamin rasa dan kualitasnya. Untuk ukurannya sendiri, pilihlah ikan lele yang berukuran cukup besar untuk memudahkan proses pemisahan daging dari tulangnya.

Untuk ikan lele dengan jumlah/bobot 500 gram, biasanya menghasilkan daging ikan minimal 250 gram sehingga didapat perbadingan 1 banding 1 jika kita menggunakan 250 gram tepung sagu. Lebih banyak daging ikan tentu lebih enak, namun biaya produksinya juga menjadi lebih besar. Untuk bahan lainnya, kita simak berikut ini beserta cara membuatnya.

 

Bahan-Bahan Cara Membuat Kerupuk Lele

  1. 500 gr ikan lele segar
  2. 250 gr tepung sagu
  3. 2 btr telur ayam
  4. 6 siung bawang merah, haluskan
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 6 siung bawang putih, haluskan
  7. 2 sdt garam
  8. 2 sdt kaldu bubuk

Langkah-Langkah Cara Membuat Kerupuk Lele

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan kedalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kakau maka tambahkan air seperlunya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik yang memiliki diameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam palstik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan didalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti kerupuk mantah pada umumnya.
  8. Jemur kerupuk ikan lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah kemudian kerupuk siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan kerupuk lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.

resep lainnya :

resep membuat keripik pepaya yang renyah

Similar Posts