Intip Yuk Cara Membuat Kerupuk Kentang Enak dan Gurih

Halo temen temen, pasti banyak diantara kalian yang bingung sama judulnya. Kok kerupuk sih? emang ada kerupuk kentang? pasti ada yang mikir seperti itu. Ternyata ada kentang bisa juga loh diolah jadi kerupuk bukan hanya jadi keripik. Kali ini saya akan berbagi cara membuat kerupuk kentang enak dan gurih pastinya.

Kalian bisa membaca manfaat, peluang usaha dan serba serbi kerupuk kentang di website berikut cara membuat kerupuk kentang 

Pengertian Kentang

cara membuat kerupuk kentang enak dan gurih

Kentang, sayuran yang satu ini tentu saja tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kentang seringkali diolah menjadi berbagai macam bentuk masakan, baik itu makanan berat atau camilan.

Kandungan gizi yang terkandung pada kentang tidak dapat dianggap remeh. Meski komposisi yang didominasi oleh karbohidrat, kentang juga mempunyai banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan didalamnya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan gizi pada kentang memang tidak usah diragukan lagi. Selain hampir tidak mengandung lemak, kalori yang ada pada kentang termasuk rendah. Satu buah kentang rebus dengan ukuran sedang (100 gram) hanya mengandung sekitar 90 kalori saja.

Selain itu, kentang juga mengenyangkan perut lebih lama sehingga dapat membuat Anda menahan diri untuk makan lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, kentang biasanya dijadikan menu karbohidrat utama untuk yang sedang melakukan diet.

Kandungan gizi pada kentang bisa dibedakan menjadi 2 yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro yaitu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar. Karbohidrat, lemak, dan protein adalah contoh nutrisi yang termasuk dalam nutrisi makro, sedangkan vitamin dan mineral tergolong ke dalam nutrisi mikro, itu artinya hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Cara Membuat Kerupuk Kentang Enak Dan Gurih

cara membuat kerupuk kentang enak dan gurih

Kerupuk memang menjadi salah satu camilan maupun teman makan yang hampir disukai semua orang dari yang tua hingga yang muda. Tidak heran jika pada saat ini sudah banyak sekali berbagai macam jenis kerupuk, seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk pasir, sampai kerupuk kentang. Yang terakhir ini sedikit berbeda loh karena teksturnya yang tidak renyah tetapi empuk. Siapa nih yang mau coba kerupuk kentang?

Kentang memang cocok dan enak dijadikan apa saja, entah itu digoreng, direbus, atau dijadikan camilan juga seperti keripik kentang. Namun selain keripik kentang yang sudah ada dan terkenal, kerupuk kentang juga tidak kalah enak. Kerupuk kentang ini memang tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan keripik kentang dan penjualnya pun tidak sebanyak penjual keripik kentang.

Walaupun kerupuk kentang tidak memiliki tekstur serenyah dan segurih keripik kentang, tetapi kerupuk kentang ini mempunyai kelebihannya sendiri. Tekstur kerupuk kentang yang sedikit tebal jika dibandingkan keripik ketang, warnanya juga lebih putih pucat.

Ketika kerupuk digigit akan menimbulkan bunyi kres… teksturnya lebih ke empuk daripada renyah. Sensasi gurih yang diberikan tidak berlebihan membuat rasa enak dan bikin siapapun yang menikmatinya ketagihan.

Kerupuk kentang ini biasanya banyak kita temui di daerah Surabaya, Bandung, dan juga Lampung. Biasanya satu kantong atau wadah kerupuk kentang yang dimasukan ke dalam wadah plastik transparan dijual dengan harga Rp 10.000,00 per 125 gram.

Nah Kerupuk kentang ini bisa jadi peluang bisnih untuk anda loh. untuk pemula atau awal awal anda memulai usaha anda bisa menggunakan peralatan yang ada dirumah. Tetapi anda membutuhkan 1 alat yang harus ada jika anda ingin memulai usaha ini, yaitu alat perekat plastik.

Alat perekat plastik berguna agar plastik yang anda gunakan untuk membungkus kerupuk terbungkus dengan baik dan tidak ada udara yang masuk yang mengakibatkan kerupuk mlempem. Anda bisa membeli alat perekat plastik atau hand sealer disini.

Sekarang kita langsung saja yuk buat kerupuk kentangnya.

Bahan – bahan:

  • 500 gram kentang yang sudah kukus dan dihaluskan
  • 500 gram tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • secukupnya air hangat
  • irisan daun bawang (optional)

Cara Pembuatan Kerupuk Kentang Enak dan Gurih:

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan lalu uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis. Bentuk adonan menjadi seperti lontong mini atau sesuaikan dengan selera anda.
  2. Rebus bakal kerupuk kentang ke dalam panci yang sudah di isi air yang sudah dipanaskan hingga mendidih. Jika adonan sudah terlihat mengapung, maka tandanya sudah matang, angkat adonan. Lakukan hal tersebut hingga lontongannya habis.
  3. Dinginkan dengan cara memasukan ke dalam kulkas dengan waktu semalaman atau sampai keras. Potong lontongan kerupuk yang sudah keras secara tipis lalu tata di atas tampah atau loyang. Jemur bibawah sinar matahari hingga kerupuk benar kering. (Waktu pengeringan tergantung cuaca ya, bisa beberapa hari). Setelah benar benar kering, goreng kerupuk kentang dalam minyak yang panas dengan api sedang.

Sekian resep cara membuat kerupuk kentang enak dan gurih, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membaca. Terima kasih.