cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri yang Enak

Cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak – Kerupuk ikan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kerupuk ini memiliki teksur yang renyah.  Kerupuk merupakan makanan pelengkap bagi kebanyakan orang Indonesia. Rasanya yang gurih menambah kenikmatan saat makan. Kerupuk menjadi makanan favorit orang Indonesia sebagai teman makan maupun cemilan.

Kerupuk merupakan cemilan yang merakyat dengan harga murah namun memiliki rasa yang tidak kalah dengan cemilan mahal. Makanan ini paling nikmat ketika dihidangkan sebagai pelengkap pada saat makan. Kerupuk ikan ini sangat mudah untuk didapatkan, Anda bisa mendapatkannya di warung-warung sekitar rumah anda.

Hal ini karena krupuk sangat populer dan dengan harga murah membuatnya banyak diminati. Cara membuat kerupuk ikan pun terbilang cukup mudah sehingga banyak orang yang membuat kerupuk ikan sekedar untuk dikonsumsi sendiri atau dijual dalam jumlah besar.

Kerupuk ikan sendiri umumnya menggunakan ikan tenggiri sebagai utama kerupuk ikan. Karena ikan tenggiri sangat kaya akan gizi. Dalam satu ekor ikan tenggiri mengandung engeri sebanyak 109 kkal, 21,5 gr protein dan 2,6 gr lemak.

Manfaat Kerupuk Ikan

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Meningkatkan kesehatan kulit, rambut dan otot
  3. Menigkatkan energi
  4. Sebagai pelindung tubuh
  5. Menambah cairan
  6. Pertumbuhan tulang
  7. Pemeliharaan sel tubuh
  8. Mendukung metabolisme tubuh
  9. Meningkatkan kesehatan jantung
  10. Tinggi Kandungan Protein

Buat anda yang sudah penasaran bagaimana cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang renyah ini, langsung saja yuk kita lihat cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang renyah berikut ini :

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri yang Enak

cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak

Bahan Yang Digunakan Dalam Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggri yang Enak:

  • 800 gram tepung tapioka.
  • 350 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
  • 1 sendok makan garam dapur.
  • 5 Siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • ½ sendok teh ketumbar yang halus.
  • ½ sendok teh soda kue.
  • 300 gram gula pasir.
  • 5 butir telur ayam atau bebek.
  • Air secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri yang Enak, Renyah dan Gurih:

  1. Campurkan daging dengan bumbu dapur yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian tambahkan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan bisa bercampur dengan merata, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis.
  2. Kemudian uleni dengan tangan hingga adonan tersebut kalis dan tidak lengket lagi.
  3. Kemudian adonan yang sudah kalis bisa anda gulung dan bungkus dengan daun pisang atau plastik, kemudian masukkan ke dalam panci pengukus. Tunggu 2-3 jam hingga adonan kerupuk ikan benar-benar matang.
  4. Angkat adonan yang sudah matang, kemudian dinginkan. Setelah adonan benar-benar dingin, anda bisa segera mengirisnya tipis-tipis adonan kerupuk dan menjemurnya di bawah sinar matahari antara 2-3 hari, semuanya tergantung dari cuaca yang ada.
  5. Setelak kering, anda bisa menggorengnya dengan menggunakan minyak yang sudah disediakan di atas, kemudian anda goreng hingga kerupuk merekah, kemudian angkat dan tiriskan kerupuk ikan tenggiri.
  6. Simpan kerupuk ikan yang sudah di goreng ke dalam toples, dan kerupuk ikan yang belum digoreng ke dalam wadah plastik. Kerupuk ikan siap dinikmati.

Demikian informasi tentang resep kerupuk ikan tenggiri yang enak, renyah dan gurih yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu anda dalam membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan gurih. Lakukan tahapan nya secara baik dan benar, maka anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Untuk menyimpan kerupuk bisa menggunakan mesin vacuum sealer agar lebih awet. Terima kasih dan selamat mencoba.

Similar Posts