Bikin Kerupuk Aci Terasi Yuk! Cocok Untuk Camilan atau Teman Makan

Hai teman -teman, mana nih pecinta kerupuk? Bagi masyarakat Indonesia kerupuk menjadi salah satu makanan, lebih tepatnya cemilan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari. Jika tidak ada krupuk pasti rasanya ada yang kurang. Hayoo ngaku siapa yang seperti itu juga? Kali ini saya akan berbagi cara membuat kerupuk aci terasi.

Anda juga bisa membaca resep kerupuk terasi lain dan analisis usahanya di sini cara membuat kerupuk terasi

Nah langsung saja yuk simak caranya

Cara Membuat Kerupuk Aci Terasi

Tepung tapioka atau tepung aci adalah bahan utama untuk membuat kerupuk yang di campur dengan terasi ini supaya mempunyai rasa yang khas dan tentunya enak.  Cara membuat kerupuk aci terasi ini saya sajikan untuk anda yang suka sekali menyantap hidangan dengan di sertai kerupuk. Langsung saja berikut cara pembuatannya:

Bahan Pembuat Kerupuk Terasi:

  • Tepung Tapioka Atau Aci : 1 kg
  • Tepung Terigu : 1/4 kg
  • Terasi : 100 gram
  • Garam : 100 gram
  • Gula Pasir : 75 gram
  • Bumbu Masak : secukupnya
  • Bawang putih : 75 gram

Cara membuat kerupuk terasi:

  1. Haluskan bawang putih yang sudah anda siapkan sebelumya,  tumis bawang sampai harum kemudian angkat
  2. Masukan garam, gula pasir, bumbu masak, tumisan bawang putih dan terasi ke dalam sebuah wadah yang sama. aduk hingga semua rata
  3. Campur tapioka atau aci dan terigu. Ambil sedikit lalu larutkan tepung tersebut ke dalam 1/4 ltr air.
  4. Setelah tepung larut dengan air, tambahkan campuran adonan bumbu yang tadi sudah dibuat.
  5. Panaskan adonan diatas wajan sembari diaduk hingga adonan menjadi bubur yang kental.
  6. Pindahkan adonan yang sudah menjadi bubur kental tersebut ke dalam baskom yang bersih.
  7. Masukkan tepung yang tersisa ke dalam adonan dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket lagi di wajan.
  8. Masukkan adonan kerupuk aci terasi ke dalam plastik yang yang sudah dibentuk silinder dengan panjang kurang lebih 20 cm dan diameter 5 – 7 cm (bentuknya akan seperti lontong nantinya). Padatkan adonan kerupuk dan tutup kedua ujungnya.
  9. Kukus adonan kerupuk aci dengan menggunakan dandang atau kukusan hingga matang.
  10. Setelah adonan kerupuk matang (warna lontongan akan berubah menjadi bening), angkat adonan dan tiriskan diatas tampah selama 8 – 12 jam atau hingga adonan sudah mengeras.
  11. Adonan yang sudah menjadi keras dan kering akan gampang untuk di iris dan tidak patah.
  12. Iris adonan yang sudah keras tadi dengan menggunakan pisau yang sangat tajam untuk mempermudah proses pengrisan adonan kerupuk. Iris setebal kurang lebih 2 mm
  13. Kerupuk yang sudah di iris tipis tersebut di keringkan. Proses pengeringan kerupuk bisa dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama yaitu angin-anginkan kerupuk kurang lebih selama 24 jam. Setelah diangin anginkan, lalu dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Durasi pengeringan tergantung pada cuaca saat itu. Pastikan kerupuk dijemur sampai benar-benar kering dan keras, jika sudah seperti itu kerupuk siap untuk di goreng.

Kesimpulan

Sangat mudah bukan  Cara Membuat Kerupuk Aci Terasi yang saya bagikan ini. Anda bisa loh membuatnya dalam jumlah yang banyak untuk stok. Jika anda ingin membuat kerupuk aci terasi ini untuk stok sebaiknya dimasukkan pada toples atau dibungkus plastik dan direkatkan, anda bisa menggunakan alat perekat atau hand sealer pada website tersebut.

Thank you guys sudah mau mampir ke artikel ini,  semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya!.

Sampai jumpa di artikel lainnya.