cara membuat keripik wortel

Hallo berjumpa lagi kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat keripik wortel, Seperti apa kah keripik wortel nya yuk simak ya…

Seperti yang kita ketahui bahwa wortel mengandung manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Jika kamu bosan menhkonsumsi wortel secara langsung, coba lah buat olahan yang lain seperti keripik wortel.

Cara Membuat

Keripik wortel ? Mungkin makanan yang satu ini masih sangat asing di telinga kita. Sebab, wortel selama ini dikenal sebagai sayuran dan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau jus biasa juga sering digunakan bahan sayur pelengkap resep masakan ataupun dibuat untuk jus minuman.

Pada wortel terdapat kandungan nutrisi, serat dan Vit. A serta ada magnesium Vit. B1 zat besi dll. Selain disayur, ternyata wortel dapat dijadikan berbagai macam jenis makanan, misalnya wortel dibuat menjadi keripik.

Keripik wortel ini adalah inovasi baru olahan camilan berbahan dasar wortel.Di kenal bebagai sayuran kaya akan gizi ini dapat diolah menjadi cemilan yang sehat berupa keripik.

Cara pembuatannya dan bahan-bahan yang dipergunakan adalah sebagai berikut :

 

cara membuat keripik wortel1

 

Bahan-bahan Untuk Membuat Keripik Wortel :

  • 150 gr wortel (diparut halus).
  • Garam 1 ons.
  • Bawang putih sebanyak ons.
  • Bawang merah sebanyak ons.
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram.
  • Gula sebanyak 50 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 300 g.
  • Ketumbar secukupnya.
  • 30 gr tepung maizena.
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan Tambahan Seperti :

  • 50 gram gula tepung.
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 butir telur ayam.

Cara Membuat Keripik Wortel :

  1. Siapkan satu wadah untuk membuat adonan keripik wortel.
  2. Masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung meizena, gula halus, garam dan telur, aduk sampai menggumpal kemudian campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata.
  3. Lalu adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama 2 – 3 jam sampai adonan benar-benar matang. Pada proses ini kamu bisa menggunakan gulungan mie.
  4. Angkat dan dinginkan adonan lalu iris tipis, jemur sampai benar-benar kering dan mengeras ( 2 — 3 hari ).
  5. Kemudian kita pipihkan adonan diatas tempat yang datar, setelah itu adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat dari ukuran yang lebih kecil.
  6. Setelah adonan selesai di cetak, panaskan minyak goreng diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah dan tunggu sampai matang, jangan lupa di bolak-balik agar matang secara merata. Lalu angkat dan tiriskan.
  7. Taburi dan aduk rata dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi: bubuk kayu manis dan gula halus.
  8. Kerupuk wortel siap disantap.

Agar tidak melempem, Anda dapat pula menyimpannya dalam wadah toples.

Jika kamu ingin mencoba resep yang alin jangan lupa untuk membaca Resep Kue Kering Kacang Tanah Giling Yang Enak Dan Sederhana

Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan yang sangat nikmat pada saat sedang santai. Keripik wortel ini mempunyai rasa yang gurih, renyah dan pastinya khas wortel.

Kandungan dan manfaat wortel

 

cara membuat keripik wortel2

 

Vitamin dan mineral

Wortel mengandung vitamin A yang yang berfungsi menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, wortel mengandung biotin (salah satu vitamin B) berperan dalam metabolisme lemak dan protein. LaluĀ  terdapat vitamin K1 yang sanagt penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan.

Kalium, salah satu mineral yang ada pada wortel berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 berperan dalam mengubah makanan menjadi energi.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang ada pada manfaat wortel cukup krusial untuk kesehatan tubuh manusia.

Karbohidrat

Karbohidrat pada wortel mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh sebab itu, wortel aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat

Wortel mengandung serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati.

Selain itu, serat tersebut juga bisa memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah sembelit.

Senyawa lainnya

Di dalam Wortel mengandung banyak senyawa, seperti karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin berfungsi untukĀ  antioksidan, beta karoten dan alpa karoten yang mengolah vitamin A.

Serta poliasetilenesuntuk senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Oleh karena itu manfaat wortel cukup banyak untuk manusia.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat keripik wortel semoga dapat bermanfaat, sayangi kesehatan diri anda jangan sampai lengah. ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Sampai jumpa…

Similar Posts