cara membuat keripik sayur bayam

Hallo berjumpa lagi dengan saya di artikel yang baru, dan kali ini saya akan membagikan resep cara membuat keripik sayur bayam.nah seperti apa?

Nah seperti yang kita ketahui bayam adalah sayuran hijau yang mempunyai manfaat baik untuk tubuh. Jika di buat keripik apa saja bahan dan bagai mana cara membuat keripik sayur bayam nya?

Yuk langsung saja kepembahasan. Pasti sudah tidak sabar lagi..

Cara Membuat Keripik Sayur Bayam

Bayam adalah tumbuhan yang dapat ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik tetapi sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting untuk tubuh.

Jika kamu bosan memakan sayur bayam karena begitu-begitu saja, kamu inin rasa yang lain? kali ini sayaakan membantu mewujudkan dengan cara membuat keripik sayur bayam. lihat di bawah ini…

 

cara-membuat-keripik-sayur-bayam

 

Baca Juga Resep Kue Kering Kacang Tanah Giling Yang Enak Dan Sederhana

Bahan-Bahan

  1. 50 lembar daun bayam segar
  2. 250 gr tepung beras
  3. 50 gr tepung kanji
  4. 4 siung bawang putih
  5. 1/2 sdt ketumbar
  6. 1 cm kunyit
  7. 2 butir kemiri
  8. secukupnya garam
  9. minyak goreng
  10. secukupnya air

Langkah

  1. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan kunyit
  3. Buat adonan tepung beras dan tepung kanji dengan air secukupnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air hingga encer. Untuk adonan kripik bayam jangan terlalu kental, nanti jadi kurang kriuk.
  4. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan apinya. Celupkan daun bayam satu persatu. Goreng sampai kuning keemasan.
  5. Setelah dingin, simpan keripik bayam di wadah tertutup

Manfaat Bayam

Manfaat bayam untuk tubuh yaitu jika sudah di jadikan sayur dan di konsumsi maka akan menimbulkan manfaat untuk tubuh.

Daun dari sayuran bayam dapat diolah dengan berbagai macam sajian oleh masyarakat pencinta bayam. Sayur ini di konsumsi oleh semua usia mulai dari anak kecil umur di  bawah 5 tahun sampai lanjut usia.

Bayam juga bagus untuk proses penyembuhan bagi orang – orang yang baru saja sembuh dari sakit. Manfaat utama sayur bayam yaitu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Serta bagian akar dari tanaman bayam biasanya dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit diare.

Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

 

cara membuat keripik sayur bayam2

 

Sayuran bayam adalah jenis sayuran sehat yang dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Tetapi, tetap ada manfaat dan bahaya bayam untuk kesehatan ibu hamil.

Berikut akan di jelaskan kenapa seorang ibu hamil harus konsumsi sayur bayam. Karena bayam sehat dan baik untuk ibu hamil maupun juga janinnya.

Bayam yaitu jenis sayuran yang bisa hidup di mana saja di tanah suburnya Indonesia. Harga sayuran ini di pasar juga sangat murah.

Tetapi, selain murah dan mudah di temui ternyata bayam juga mempunyai manfaat yang banyak. Kandungan vitamin, mineral dan zat besi bayam sangat baik untuk kesehatan.

Asam Folat Dalam Daun Bayam yang Tinggi

Kandungan asam folat pada daun bayam cukup tinggi. Seperti yang kita tahu asam folat sangat penting untuk ibu hamil.

Zat ini berfungsi membantu pembentukan tabung saraf pada masa awal pertumbuhan janin di usia muda kehamilan.

Konsumsi sayur bayam secara teratur pada ibu hamil juga bisa membantu mencegah terjadinya bayi lahir cacat, berat badan kurang dan lain sebagainya.

Jika kamu ibu hamil dan kekurangan  asam folat dalam tubuh kamu, maka akan timbul efek lelah, nafsu makan berkurang, radang gusi, mudah lupa hingga gangguan pencernaan.

Mencegah Terjadinya Anemia Pada Ibu Hamil

Bayam bermanfaat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, Mengapa? Karena kandungan kalsium dan zat besi di dalam tanaman bayam berperan untuk zat pembantu dalam pembentukan sel darah merah.

Sehingga kebutuhan darah untuk ibu hamil dan kebutuhan darah bagi rahim terpenuhi dengan sangat baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Bayam bisa menyebabkan tekanan darah pada ibu hamil menurun. Karena kandungan nitrat dalam sayur bayam dapat mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah jadi tekanan darah menjadi normal.

Jika sang ibu menderita hipertensi maka mengkonsumsi bayam adalah pilihan yang sanagat tepat untuk menurunkan tekanan darahnya.

Mengurangi Nyeri Kehamilan dan Melancarkan Saluran Pencernaan

Ibu hamil biasanya mempunyai banyak keluhan salah satunya yaitu keluhan terhadap rasa nyeri yang dapat terjadi di kehamilan usia 4 bulan ke atas.

Nyeri tersebut terjadi karena berat badan bertambah serta perubahan hormon tubuh secara cepat sehingga tulang dan otot terasa nyeri.

Selain itu, ibu hamil tua biasanya mengalami masalah pada saluran pencernaan. Mulai dari susah buang air besar sampai diare, dalam hal ini konsumsi bayam akan sangat membantu kamu.

Karena kandungan serat yang tinggi di dalam bayam akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Untuk mengatasi masalah nyeri pada ibu hamil, sayur bayam mempunyai kandungan agen anti inflamasi dan glikolipid yang dapat meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot ibu hamil. Akibat pertumbuhan janin dan berat badan yang terus meningkat.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat keripik sayur bayam semoga dapat bermanfaat, Jika kamu binggung ingin membuat cemilan coba buat cemilan yang berbahandasar dari bayam ini. Sampai jumpa…

 

Similar Posts