cara membuat keripik salak rumahan

cara membuat keripik salak rumahan – Salak tidak hanya dimakan langsung tapi salak bisa diolah menjadi cemilan atau makanan yaitu  keripik buah salak ini mungkin bagi anda jarang terdengar, dan tahukah anda jika sekarang faktanya keripik buah salak sangat populer di masyarakat sekarang ini.

Anda penasaran untuk membuat resep -resep membuat  keripik salak. Mari simak mengenai resep pembuatan keripik salak berikut.

cara membuat keripik salak rumahan

Cara membuat keripik salak rumahan :

Berikut Bahan – Bahan :

  • Buah salak matang 1 kilogram
  • Air kapur sirih 2 sdm
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam halus 2 sdm
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
  • Air bersih 2 liter

Berikut Cara – Cara Membuat Keripik Salak :

  1. Pertama kupas salak dari kulitnya lalu pisahkan daging daru bijinya, kemudian belah salak menjadi dua bagian.
  2. Setelah itu rendam buah salak kedalam air campuran dari air kapur sirih, diamkan selama 5 sampai 6 jam. Angkat lalu salak dicuci sampai bersih dan keringkan.
  3. Gorenglah salak kedakam mesin penggoreng hampa udara atau lebih dikenal dengan mesin vacum fryer yang sudah diisi minyak goreng.
  4. Tunggu sampai kering dan sampai salak matang serta kadar airnya sudah terhisap, angkat lalu tiriskan.
  5. Keripik salak siap untuk disajikan.

Kegunaan Salak :

Buah salak yang masih muda di pohonnya. Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, yang populer sebagai buah meja. Selain dimakan segar, salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik salak. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. Umbut salak pun dapat dimakan.

Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daunnya dapat digunakan sebagai bahan anyaman, meski tentunya sesudah duri-durinya dihilangkan lebih dahulu.

Karena duri-durinya hampir tak tertembus, rumpun salak kerap ditanam sebagai pagar. Demikian pula, potongan-potongan tangkai daunnya yang telah mengering pun kerap digunakan untuk mempersenjatai pagar, atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri.

Untuk pengobatan seperti untuk menghentikan diare, jadi bila kebanyakan makan salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. kadang kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat

Macam-macam salak

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah :

  1. Salak Sidimpuan dari Sumatera Utara,
  2. Yang dari Jakarta Salak condet,
  3. Salak pondoh dari Yogyakarta
  4. Dari Bali Salak Bali.

Salak condet merupakan flora provinsi DKI Jakarta.

 

Jenis-jenis salak lain :

Ada beberapa macam salak lain yang dikenal di Indonesia:[7]

  • Salak condet, asalnya dari Jakarta. Ukurannya kecil, sedang, sanmpai besar. Warnanya coklat hingga kehitaman. Buahnya tebal, rasanya manis, agak kelat, hingga agak kesat.
  • Salak bali, berasal dari Sibetan, Bali. Ukurannya kecil hingga sedang. Warnanya coklat muda cenderung agak cerah, sisiknya jauh lebih halus, daging buahnya tebal, serta manis rasanya, dan teksturnya kering. Adapun bijinya kecil dan tunggal.
  • Salak gading dan salak kembang arum, kedua-duanya asalnya dari Jogja pula. Bisa dibedakan dengan salak pondoh, berdasarkan warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning-gading mengkilap, ukurannya sedang; serta, salak kembang arum coklat warnanya, ukurannya bermacam antara kecil, sedang, hingga besar.
  • Salak penjalinan, berasal dari Bangkalan, Madura. Kecil, coklat-kekuningan, dan rasanya manis, renyah, dan masir.

 

Cara Membuat Keripik Salak Mudah dan sederhana sekali, jadi jika anda ingin membuat keripik salak ini dirumah anda pasti bisa untuk membuatnya. Nah, agar keripik salak yang sudah matang tidak mudah melempem dan tetap renyah anda bisa letakkan keripik salak ini didalam waVdah yang tertutup.

Demikianlah Cara Membuat Keripik Salak ini semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih

Selain cara membuat keripik salak rumahan anada harus Baca juga Cara Membuat Keripik Salak Renyah   dan Cara membuat keripik sayur

Similar Posts