Punya Jamur Tiram Tapi Bingung Mau Dibuat Apa? Yuk Buat Keripik Jamur Tiram

Hai semuanya! Pada artikel ini saya mau berbagi tips nih cara membuat keripik jamur tiram yang enaknya nampol banget. Kalian juga bisa membaca cara membuat keripik jamur lainnya di cara membuat keripik. 

Sebelumnya udah pada tau belum nih manfaat jamur tiram? jamur tiram banyak manfaatnya loh, simak kuy

Manfaat Jamur Tiram

Selama ini kebanyakan orang mengetahui jamur tiram hanya untuk makanan pelengkap ataupun jajanan ringan. Padahal, manfaat dari jamur tiram tidak hanya sebatas itu saja. Jamur yang satu ini menyimpan banyak nutrisi untuk mendukung kesehatan tubuh.

Tiram adalah salah satu jenis jamur yang banyak kita jumpai di pasaran. Jamur tiram mengandung banyak zat yang penting bagi tubuh manusia, di antaranya yaitu serat, beta glucan, vitamin B, mineral, kalium, serta beberapa jenis karbohidrat. Jamur ini sangat bagus untuk dikonsumsi karena bebas lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol.

Walaupun ini masih membutuhkan untuk penelitian lebih lanjut, namun jamur tiram telah diyakini oleh banyak orang memiliki potensi yang dapat membantu pencegahan serta mengatasi beragam masalah kesehatan, seperti aterosklerosis, diabetes, kolesterol tinggi, dan juga infeksi saluran pernapasan, serta merangsang sistem imunitas dan melawan kanker pada tubuh manusia.

Selain itu juga, jamur tiram dipercaya dapat memberikan banyak manfaat lain, diantaranya seperti:

  • Menangkal radikal bebas

    Jamur tiram yang mengandung antioksidan dapat membantu menangkal dari radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat memicu gangguan jantung dan kanker. Selain itu, antioksidan juga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh serta melindungi kulit dari penuaan.

  • Menjaga kesehatan jantung

    Kandungan beta glucan yang ada di dalam jamur tiram berperan besar untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah sekaligus juga menjaga kesehatan jantung manusia. Selain itu, kalium yang terkandung dalam jamur berfungsi untukmenjaga fungsi jantung, otot, dan saraf.

  • Mencegah penyakit diabetes

    Selain dapat menjaga kesehatan jantung, beta glucan juga bisa membantu anda dalam mengendalikan gula darah untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Jamur tiram juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk mendukung kinerja sel darah merah, sistem pencernaan, dan juga untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Menjaga kesehatan tulang dan saraf

    Jamur tiram juga diyakini bisa untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan saraf karena tambang yang terkandung pada jamur. Jamur ini juga mengandung asam pantotenat yang bagus untuk mendukung kinerja sistem saraf anda dan juga membantu menghasilkan hormon yang dibutuhkan.

  • Mengatasi infeksi saluran pernapasan

    Menurut penelitian yang dilakukan pada anak-anak, manfaat jamur tiram juga bisa membantu meredakan infeksi saluran pernafasan karena memiliki efek anti alergi. Namun, efek ini masih membutuhkan pembuktian lebih mendalam untuk dapat memastikan kebenarannya.

  • Mencegah pertumbuhan kanker

    Berdasarkan dari hasil penelitian, ekstrak jamur tiram mempunyai sifat melawan kanker. Zat ini bekerja dengan meningkatkan sel imunitas tertentu, sehingga dapat menekan pertumbuhan serta penyebaran tumor atau kanker di beberapa bagian tubuh manusia seperti payudara dan usus besar.

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy

Bahan keripik jamur tiram:

  • 500 gram jamur tiram

Bahan tepung pencelup:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt baking soda
  • 200 ml air es

Bahan tepung pelapis:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena atau tepung kanji
  • 1/4 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus sambal botolan atau sambal bangkok secukupnya

Cara membuat keripik jamur crispy aneka rasa:

  1. Potonglah jamur tiram yang ukuran kuntumnya lebar menjadi ukuran satu suapan.
  2. Haluskan bawang putih yang sudah disiapkan tadi, selanjutnya campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Lalu anda bisa tambahkan  garam, merica bubuk, dan sendok teh baking soda. Sisihkan dulu sebelum dituangi dengan air es.
  3. Buatlah tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, serta garam. Aduk adonan sampai tercampur dengan rata.
  4. Tambahkan air es pada adonan pencelup. Aduk sampai rata hingga tidak ada lagi tepung yang menggumpal. Kemudian masukkan atau celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu hingga selesai.
  5. Setelah selesai dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan jamur di tepung pelapis. Gulingkan jamur di tepung kering sampai membentuk lapisan yang tipis . Setelah itu remas-remas jamur sedikit agar membentuk gumpalan di permukaannya.
  6. Goreng jamur tiram di dalam minyak yang sudah panas hingga terendam seluruhnya. Selagi jamur digoreng, siram permukaannya dengan minyak panas.
  7. Angkat jamur tiram dari penggorengan jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak, kertas koran ataupun tissue makanan. Setelah minyak sudah berkurang letakkan keripik jamur di dalam wadah yang memiliki tutup yang rapat. Taburi bumbu kentang goreng atau sesuai selera anda, kemudian kocok-kocok wadah hingga bumbu tercampur rata.

Anda bisa menjual jamur crispy ini loh, untuk tambahan pemasukan, modal yang di keluarkan pun bisa dikatakan tidak mahal. Anda bisa menggunakan peralatan rumah untuk pembuatannya, Untuk pengemasannya anda bisa membeli alat perekat plastik atau hand sealer di website tersebut dengan harga terjangkau serta kualitas yang bagus.

Sekian artikel ini saya buat, terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!