cara membuat keripik dari kulit semangka

cara membuat keripik dari kulit semangka – Keripik semangka adalah keripik hasil olahan buah semangka yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa dalam bahasa Inggrisnya vacum fryer.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali / wajan buah semangka tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Selain itu anda juga harus menggunakan mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada di dalam kripik semangka agar menjadi renyah dan kriuk.

Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa (vacum fryer) buah semangka digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50°- 60°C sehingga tidak merusak buah semangka tersebut.

Selain itu aroma dan warnanya tidak berubah banyak dan awet disimpan dalam jangka waktu lama walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet tambahan.

Berikut proses rahasia kumpulan aneka resepi keripik semangka dan kulit semangka renyah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis.

Untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik dan kerupuk paling terlengkap di Indonesia.

Cara membuat keripik dari kulit semangka

Bahan :

  • Kulit semangka Sisa dari pembuatan kerpik semangka .
  • Glikose secukupnya.
  • Minyak mabati.

Cara membuat :

  1. Pertama – tama pilih kulit buah semangka yang masih segar, lalu potong kulit semangka sesuai dengan selera.
  2. Kemudian masukkan kulit semangka yang sudah di potong ke dalam freezer kurang lebih selama 15 menit.
  3. Kemudian Goreng dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau mesin vacum fryer dengan suhu 50 – 60 derajat celcius sampai matang dan busa nya habis, itu tanda bahwa keripik semangka sudah matang.
  4. Angkatlah keripik kulit semangka tersebut dan setelah itu masukkan kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik kulit semangka dan tunggu hingga benar – benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Sajikan kripik kulit semangka yang sudah jadi atau anda bisa menyimpanya dalam toples atau plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah.

Baca juga cara membuat kolak dari durian duatan sendiri

Tidak hanya kulitnya yang bisa diolah menjadi keripik tapi dagingnya pun busa diolah menjadi keripik juga, simak cara membuat keripik daging semangka :

RESEP KERIPIK SEMANGKA

cara membuat keripik dari kulit semangka

BAHAN :

  1. Buah semangka 1 yang berukuran besar dan tanpa biji. semangka yang masih segar atau baru di petik.

Cara membuat keripik buah semangka :

  1. Pertama – tama Kupas kulit buah semangka, lalu potong buah semangka sesuai dengan selera. Kulit bagian dalam jangan dibuang karena nanti bisa dibuat keripik kulit semangka.
  2. Lalu Masukkan daging semangka yang sudah di potong ke dalam freezer kurang lebih selama 15 menit.
  3. Kemudian Goreng dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau mesin vacum fryer dengan suhu 50 – 60 derajat celcius hingga matang dan busa nya habis, itulah tanda bahwa keripik semangka sudah matang.
  4. Angkatlah keripik semangka tersebut dan setelah itu masukkan kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik semangka dan tunggu hingga benar-benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Sajikan kripik semangka yang sudah jadi atau anda bisa menyimpanya dalam toples atau plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah.

Baca juga cara membuat keripik semangka

Demikian cara membuat keripik dari kulit semangka yang bisa Anda ikuti di rumah saat waktu luang. keripik kulit semangka ini bisa dimakan sebagai cemilan biasa atau dikombinasikan dengan sambal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts