cara membuat keripik buah nanas

Cara membuat keripik buah nanas – Olahan keripik nanas ini menjadi penganan yang begitu disukai oleh para penggemar makanan sehat. Memang penganan ini masih belum marak di pasaran, masih sedikit yang memproduksinya, mungkin hanya di Subang.

Oleh karena itu, tulisan ini merupakan jembatan bagi mereka yang berasa kangen pada makanan ringan yang dibuatnya dengan buah nanas yang matang. Tertarik ingin mencobanya?

Berikut ini beberapa tips dan langkah-langkah cara membuatan keripik nanas yang sederhana dan dapat dipraktikkan siapa pun.

Baca juga cara membuat keripik buah nangka 

Cara membuat keripik buah nanas

cara membuat keripik buah nanas

Bahan :

  • 2 kg buah nanas segar
  • Air kapur sirih
  • 2 liter minyak goreng
  • 150 gr gula pasir
  • 75 gr garam
  • 1,5 liter air

Cara membuat :

  1. Pertama ambil buah nanas kemudian dikupas kulitnya dan juga diiris tipis ukuran 5 mm.
  2. Untuk menghilangkan getah lengket, nanas dapat direndam dalam air kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Selanjutnya dicuci bersih kemudian nanas dapat dikeringkan.
  4. Masukkan nanas yang kering ke dalam mesin vakum fryer dan gunakan minyak untuk menggoreng dalam jumlah yang banyak dengan panas api yang besar agar lebih mudah dalam menghilangkan kandungan air nya. Jika muncul buih pada minyak goreng dan jumlah semakain berkurang berarti menandakan keripik nanas telah matang.
  5. Setelah matang dapat diangkat keripik dan bisa langsung ditiriskan.
  6. Simpan keripik nanas ke dalam wadah palstik kedap udara supaya rasa lebih renyah dan kegurihan tetap terjaga.

Tips membuat keripik nanas

  • Buah nanas dipilih dalam keadaan segar dan tidak terlalu matang maupun mentah.
  • Keripik nanas digoreng dalam minyak yang berjumlah banyak.
  • Suhu penggorengan yang digunakan dalam menggoreng keripik buah tidak melebihi 85 derajat celcius.

Baca juga cara membuat keripik buah mangga

Cara membuat keripik buah nanas :

cara membuat keripik buah nanas

Bahan untuk membuat keripik nanas:

  • 3 buah nanas matang
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Langkah-langkah membuat keripik nanas:

 

  1. Proses berikutnya yang perlu dilakukan adalah masalah pengupasan.
  2. Kupaslah buah nana sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
  3. Kemudian, rendamlah buah nanas menggunakan air garam.
  4. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanasnya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya ketika mau dikonsumsi langsung. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira-kira sekitar 5 mm.
  5. Setelah itu, dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer. Hal ini dimaksudkan supaya dapat hasil keripik yang baik.
  6. Gorenglah apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying. Meskipun alat atau mesin ini yang merupakan penggoreng khusus buah-buahan dan memang harganya lumayan tinggi. Jika menggunakan menggoreng secara tradisinal atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahakn meleleh serupa jelly. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas yang sangat tinggi. Selain itu, menggorengnya pun tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
  7. Kelemehan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi sampai 100 derajat celcius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya keripik nanas akan menjadi gosong.
  8. Jika menggunakan alat Vacuum Friying atur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celcius pada saat memanaskan irisan buah nanas supaya tidak gosong hasil keripik nanasnya.
  9. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.

Mudah bukan? setelah mengetahui cara pembuatan keripik nanas sendiri, boleh dicoba dilakukan di rumah dengan tangan Anda sendiri di dapur kesayangan Anda. Selamat bereksperimen dan sukses!

Similar Posts