Hallo kembali lagi dengan saya di artikel baru, kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat keripik beton, Sudah pernah mencoba membuat?

Memang terdengar aneh, seperti yang kita ketahui bahwa beton sangat keras, lalu apa bisa di olah menjadi keripik. Bagaimanan acara membuat nya? Nah simak di bawah ini

Cara Membuat

Pada umumnya memang biji durian dan juga nangka ini amat jarang untuk dikonsumsi. Walaupun ada cara tradisional untuk bisa mengolahnya seperti direbus layaknya panganan singkong rebus, tetapi memang tidak menjadi banyak daya minat kalangan masyarakat.

Oleh sebab itu banyak masyarakat yang malah membuangnya dari pada untuk mengolahnya menjadi panganan.

Seiring perkembangan industri kuliner, biji nangka dan juga durian dikreasikan menjadi sebuah panganan gurih. Yang disebut keripik biji nangka atau durian.

Panganan ini mempunyai cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah, jadi pas untuk menu cemilan saat santai sendiri atau bersama keluarga.

Baca juga artikel Resep Kue Kering Kacang Tanah Giling Yang Enak Dan Sederhana

 

cara membuat keripik beton

Bahan yang Digunakan :

  • Biji durian/nangka secukupnya
  • Terigu secukupnya
  • Maizena secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama bersihkan terlebih dahulu biji nangka atau biji durian dengan mencucinya sampai bersih.
  2. Selanjutnya masukkan kedalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 15 menit.
  3. Lalu kupas kulitnya dan haluskan biji yang sudah dikupas dengan mengilingnya sebanyak 2 kali sampai halus.
  4. Tuangkan kedalam sebuah wadah kemudian masukkan tepung terigu, tepung meizena, margarine dan garam dapur aduk sampai benar – benar rata.
  5. Setelah itu ambil adonan secukupnya kumudian bentuk sesuai keinginan anda.
  6. Keringkan dengan suhu 82 derajat selama 15 menit hingga setengah kering saja.
  7. Keluarkan dari alat pengering kemudian pipihkan lalu masukkan kembali kedalam pengering dan keringkan dengan suhu yang sama selama kurang lebih 1 jam hingga benar – benar kering sempurna.
  8. Keluarkan dari alat pengering dan siap untuk digoreng.
  9. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan renyah.
  10. Angkat kemudian tiriskan, masukkan dalam toples dan siap untuk disajikan.

Cara Lain Membuat Keripik Biji Nangka Yaitu Dengan Cara Berikut :

Bahan yang Dibutuhkan :

  • Biji durian secukupnya
  • Garam dapur halus secukupnya

Cara Membuat Keripik Biji Durian :

  1. Cuci biji durian atau biji nagka dengan air hingga bersih, kemudian buang kulit dan matanya.
  2. Selanjutnya iris – iris tipis – tipis dengan ketebalan 2 mm atau dengan bentuk menyerupai korek api.
  3. Lakukan hal yang sama hingga biji – bijian habis.
  4. Setelah itu panaskan minyak sayur didalam wajan kemudian masukkan irisan biji kedalamnya dan goreng hingga kering, garing dan matang.
  5. Angkat, tiriskan dan biarkan dingin didalam suhu ruangan.
  6. Beri taburan garam dapur halus aduk hingga merata dan siap untuk dihiadangkan.

Manfaat Biji Nangka

 

cara membuat keripik beton1

 

  1.  Tinggi Protein

Untuk dapat memenuhi kebutuhan protein, mengkonsumsi biji nangka menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan.

Menyantap biji nangka secara rutin dipercaya dapat memenuhi asupan protein yang berkhasiat membantu membentuk massa otot dan mempercepat kerja metabolisme dalam tubuh.

  1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Biji nangka sangat ampuh untuk mengurangi nyeri akibat masalah pencernaan. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan menjaganya tetap sehat.

  1. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi biji nangka recara rutin, satu atau dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko anemia dan penyakit terkait darah lainnya.

  1. Menyehatkan Mata

Selain wortel, biji nangka berkhasiat untuk menjaga kesehatan penglihatan mata. Mengandung vitamin A yang cukup tinggi, akan menghindarkan mata dari risiko penyakit, seperti rabun senja, rabun jauh, dan katarak.

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat yang hadir dalam biji nangka bekerja secara efektif untuk menyehatkan saluran pencernaan, mempercepat proses pembuangan, dan menghambat risiko penyakit pencernaan seperti diare dan ambeien.

  1. Menghilangkan Stress

Biji nangka kaya protein dan mikronutrien. Zat mikronutrien sendiri yaitu zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan hormon.

Aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menurunkan kadar stres pada otak.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Biji nangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat antimikroba dan seng yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan produksi imun dalam tubuh.

  1. Menangkal Kanker

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin dalam biji nangka rupanya juga dapat mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Selain itu, biji nangka juga mengandung sifat anti kanker yang dapat memperlambat degenerasi sel tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Jantung

Biji nangka sangat baik dikonsumsi oleh para penderita jantung, karena mengandung 0 kalori dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, biji nangka dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium dan potasium yang dimiliki biji nangka dapat meningkatkan pertumbuhan tulang pada remaja, dan menjaganya agar terhindar dari penyakit seperti osteoporosis dan nyeri sendi. Karena, mengkonsumsi biji nangka secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat keripik beton, pastinya gak bikin kecewa yuk buruan coba resep cara membuat keripik beton ini.

Jangan lupa juga bagikan artikel ini pada keluarga, teman, sahabat yang lain. Semogga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel yang lain…

Similar Posts