Cara membuat es krim sederhana

Cara membuat es krim sederhana | Panas-panas enaknnya makan es krim, betul tidak? Kebayang kan teksturnya yang lembut dan dingin, ditambah lagi rasa manisnya, maka es krim sangat cocok untuk menghilangkan gerah karena kepanasan.

Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri cari tahu yuk cara membuat es krim sederhana yang lembut. Es krim siapa sih yang tidak mengenalnya, minuman satu ini banyak digemari anak-anak.

Jangan salah, kini banyak restoran atau hotel yang menyediakan menu es krim karena cocok untuk semua kalangan. Es krim bisa dibuat dengan berbagai varian rasa, ada coklat, strowberry, vanilla, atau rasa buah.

Kamu juga bisa bikin sendiri varaian rasa baru kesukaan kamu di rumah. Bahan untuk membuat es krim terbilang cukup sederhana.

Jenis – Jenis Es Krim

Es Krim terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe es krim lembut dan es krim keras/padat. Apa perbedaannya?

Hard ice cream merupakan jenis es krim yang sifatnya keras. Biasanya jenis es krim ini digunakan untuk minuman dingin, bisa dilihat dengan mudah dari tampilan fisiknya yang lebih padat. Untuk membuatnya lebih mudah karena dengan mixer saja sudah cukup, penyajiannya bisa dengan sekop es krim atau sendok.

Sedangkan soft ice cream adalah jenis es krim yang sifatnya lunak, kebalikan dari hard ice cream. Es krim jenis ini dihasilkan dari bahan soft ice cream yang dicampur dengan air lalu dimasukkan ke dalam mesin cone. Dengan bantuan mesin itulah es krim yang lembut dihasilkan.

Cara Membuat Es Krim Sederhana yang Lembut

Cara membuat es krim sederhana

Salah satu daya pikat es krim adalah teksturnya yang lembut, nah untuk membuat es krim ini diperlukan beberapa tips. Tentu selain kelembutannya, menambahkan hiasan seperti wafer, leci, buah akan semakin membuat es krim terlihat menggoda untuk disantap.

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah, berikut cara membuatnya:

Alat-alat yang dibutuhkan

  • Baskom
  • Mixer
  • Blender
  • Panci

Bahan-bahan

  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 500 ml susu cair
  • Garam dan vanili secukupnya
  • 3 sdm coklat bubuk

Langkah-langkah Resep Membuat Es Krim Sederhana

  1. Pisahkan kuning telur dan putihnya
  2. Campurkan kuning telur dengan gula lalu aduk hingga mengembang
  3. Campur putih telur dengan vanili dan garam, aduk hingga mengembang
  4. Campur kedua adonan lalu rebus di panci hingga mendidih
  5. Siapkan wadah lain untuk melarutkan coklat yang dicampur dengan susu cair
  6. Masukkan coklat pada adonan es krim yang sudah direbus, aduk sampai mengental.
  7. Angkat adonan dan masukkan cetakan es krim.
  8. Masukkan es krim ke dalam kulkas sampai membeku.
  9. Es krim siap disantap, tambahkan hiasan agar es krim lebih nikmat.

Nah, sederhana dan mudah bukan? Dengan membuat sendiri es krim, anda tidak perlu khawatir jika es krim anda mengandung pengawet atau pemanis buatan.

Peluang Bisnis Es Krim

Cara membuat es krim sederhana

Bisnis es krim dapat kamu jadikan salah satu bisnis andalan juga loh, meski banyak saingan tinggal bagaimana kamu membuat kreasi pada es krim buatanmu. Sebagai contoh kamu bisa menjual es krim goreng.

Atau kamu bisa mempromosikan es krim yang murni tanpa pemanis dan pewarna buatan. Memang salah satu yang menjadi kekhawatiran konsumen adalah adanya pemanis, pewarna dan pengawet yang ada pada es krim.

Nah, sebagai produsen kamu bisa menjadikan ini sebagai nilai plus produk es krim kamu. Kamu juga bisa menggunakan bantuan mesin pembuat es krim.

Mesin ini dapat membantu kamu untuk mengaduk adonan es dalam jumlah besar dan tentunya membantu menghasilkan es krim dengan tipe lembut seperti yang saya sebutkan mengenai jenis soft ice cream tadi. Selamat mencoba ya!

Similar Posts