Cara Membuat Bakso Menggunakan Blender – Untuk membuat adonan bakso sapi, kita perlu menggiling daging sapinya terlebih dahulu hinga halus. Kita bisa menggunakan jasa penggilingan daging sapi di tukang adonan bakso yang biasanya berada di pasar-pasar. Atau kita bisa menggunakan food processor untuk menggiling daging sekaligus membuat adonan bakso.

Tapi tahukah kalian, membuat bakso juga bisa dengan hanya menggunakan blender. Meski blender tidak dikhususkan untuk menggiling daging, tetapi untuk kondisi ‘darurat’ blender bisa menjadi alternatif. Dan karena kekuatan blender sangat terbatas, daging sapi harus dicincang terlebih dahulu hingga sehalus mungkin.

Pastikan juga, serat-serat daging yang berwarna putih harus dipisahkan, jangan ikut diblender. Jika tidak, pisau blender bisa macet karena serat tersebut sangat keras dan sulit putus. Jadi, yang diblender adalah daging merahnya saja ya. Selain itu bisa dicincang terpisah dan disatukan nanti setelah daging menjadi halus.

cara membuat bakso menggunakan blender

Cara Membuat Bakso Menggunakan Blender

Bahan-Bahan

  1. Daging sapi 500 gram
  2. 500 gr es batu, hancurkan
  3. 100 gram tepung sagu
  4. 2 sdm bawang putih goreng
  5. 2 sdm bawang merah goreng
  6. Lada bubuk 1/2 sdt
  7. 1/2 sdt pala bubuk
  8. Baking soda 1/2 sendok teh
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. kaldu bubuk, secukupnya
  11. garam, secukupnya
  12. air untuk merebus, secukupnya

Cara Membuat Bakso Sapi dengan Blender

  1. Pertama cincang daging sapi sehalus mungkin, pisahkan serat-serat putih yang biasa terdapat pada daging. Sisihkan.
  2. Hancurkan es batu, masukkan kedalam blender. Blender es batu hingga cukup halus, jangan terlalu lama agar es batunya tidak keburu mencair.
  3. Kemudian masukkan daging sapi cincang. Blender sebentar-sebentar sambil sesekali diaduk menggunakan sendok saat blender dimatikan.
  4. Tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah goreng, bawang putih goreng, pala dan lada bubuk, kaldu bubuk, garam, baking soda dan baking powder.
  5. Blender lagi daging sapi hingga halus dan lumat. Seperti tadi ya, blender sebentar, matikan blender dan aduk menggunakan sendok, blender lagi, matikan dan aduk lagi. Seperti itu hingga daging lumat, karena kemampuan blender terbatas tidak seperti food processor.
  6. Setelah daging sapi lumat, pindahkan ke wadah dan tambahkan tepung sagu. Aduk daging dan tepung hingga membentuk adonan yang merata.
  7. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, setelah itu kecilkan apinya.
  8. Bentuklah adonan bakso menggunakan sendok menjadi bulatan-bulatan bakso, langsung cemplungkan kedalam air mendidih. Kerjakan hingga adonan bakso habis.
  9. Selama membentuk adonan bakso, jangan lupa tengok bakso yang sudah masuk ke air mendidih. Jika sudah cukup keras apalagi sudah mengapung, segeralah angkat. Jika terlalu lama, maka bakso akan menjadi kurang kenyal.
  10. Kemudian tiriskan bakso yang sudah diangkat hingga cukup dingin.
  11. Selanjutnya, untuk menyajikannya bakso dikukus atau direbus terlebih dahulu. Sajikan bakso sapi dengan kuah dan bahan pelengkap lainnya.

Nah itu tadi tips dan resep yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat terima kasih…

Similar Posts