Cara Membuat Adonan Bakso Sapi

Cara Membuat Adonan Bakso Sapi | Apa rahasia bakso daging sapi yang kenyal dan enak? Adonan bakso, iya betul, adonan.

Membuat adonan bakso daging sapi yang baik dan benar akan mempengaruhi hasil kekenyalan dan rasa bakso buatan anda. Lebih lanjut pelajari cara membuat adonan bakso sapi disini.

Kunci Membuat Bakso Sapi Enak

Sebenarnya cara membuat bakso dimana-mana tehnik nya sama. Entah itu bakso daging, bakso ikan, bakso ayam atau bakso-bakso yang lain. Apa itu?

Kuncinya adalah komposisi, daging, tepung dan air es. Dimana kompisisi daging dan tepung harus lebih banyak daging dan air es sebatas hanya merekatkan saja, karena jika terlalu banyak bakso akan empuk bukan kenyal.

Soal bumbu, itu selera masing-masing, namun soal adonan bakso pas sehingga menghasilkan bakso yang kenyal dan enak itu yang tidak semua orang bisa. Makanya yuk sama-sama belajar disini. Ok lah, mungkin anda akan bilang cukup bawa daging ke penggilingan di pasar.

Tunggu dulu, yakin daging gilingan anda murni daging sapi. Mengapa? Di penggilingan daging datang berbagai konsumen yang membawa bermacam-macam daging dan digiling dengan mesin yang sama, kemungkinannya bisa anda pikir sendiri bukan?

Sebagai antisipasi dan bentuk kehati-hatian, jangan malas belajar cara membuat adonan daging sapi para Ibu-ibu semuanya, para Bapak-bapak juga boleh loh..Dengan demikian anda yakin bahwa anda hanya menggunakan bahan-bahan yang sehat, aman dan satu lagi H-A-L-A-L.

Tips Cara Membuat Adonan Bakso Sapi Agar Kenyal

Cara Membuat Adonan Bakso Sapi

  • Tips agar bakso sapi menjadi kenyal adalah bahan dasar berupa daging sapi segar. Mau bukti, cobalah sedikit adonan bakso dari daging yang sudah berhari-hari anda simpan di dalam freezer, saya jamin hasilnya adalah bakso yang empuk dan tidak kenyal.
  • Jika terpaksa anda menggunakan obat, gunakan obat yang dalam standar makanan. Sebab banyak juga yang menggunakan obat berbahaya karena harganya yang murah.
  • Kini juga sudah tersedia tepung bakso khusus, nah bagi anda yang takut membuat bakso , gunakan tepung ini dan tinggal mencampurnya dengan gilingan daging. Tidak perlu repot-repot menakar dan kecenderungan untuk berhasil lebih besar.
  • Selanjutnya, menambahkan soda kue juga membantu agar bakso lebih mudah menyerap kuah. Sering kan ya, anda menikmati bakso namun rasa bakso dan kuah sendiri-sendiri, padahal lebih enak jika bakso panas dan bumbu kuah merasuk kedalamnya.
  • Nah tips lain bagi anda yang minat berbisnis bakso, menambahkan daging ayam selain daging sapi juga membantu agar bakso lebih renyah, selain untuk faktor keuntungan karena tentu saja daging ayam harganya lebih murah daripada daging sapi. Perbadningannya cukup 1:4 (daging ayam: daging sapi).

 

Cara Membuat Adonan Bakso Sapi

Cara Membuat Adonan Bakso Sapi

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

  • Daging sapi segar sebanyak 1 kg
  • Tepung tapioka 200 gram
  • Bawang putih 10 siung
  • Garam secukupnya
  • Telur ayam 1 butir
  • Air es secukupnya
  • Air mendidih
  • Minyak goreng

Cara membuat adonan bakso sapi:

  1. Siapkan mixer, masukkan daging sapi dan tepung, mixer sampai tercampur rata.
  2. Masukkan bumbu berupa bawang putih dan garam, mixer lagi.
  3. Tambahkan telur ayam
  4. Selama proses mencampur adonan, jika terlalu kering masukkan air es, hati-hati dengan takarannya, sebab jika terlalu lembek bakso akan menjadi empuk dan tidak kenyal.
  5. Jika semua adonan telah tercampur rata, ulet maka siap dicetak.
  6. Ambil adonan dengan tangan kiri, remas adonan dan keluarkan dari sela-sela jari telunjuk dan ibu jari. Ulangi peremasan sampai diperoleh bakso berbentuk bulat, pisahkan bakso dari tangan dengan sendok yang telah dilumuri minyak goreng.
  7. Didihkan air dalam panci, masukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih sampai terapung.
  8. Siapkan tirisan dan angkat.
  9. Dinginkan terlebih dahulu sebelum anda menyimpannya dalam freezer/kulkas.

Cukup mudah bukan cara membuat adonan bakso sapi tadi. Selanjutnya tinggal tehnik menyajikan bakso sapi anda. Perlu diketahui rahasia lain agar menyantap bakso menjadi nikmat adalah rasa kuah yang gurih.

Agar menghasilkan kuah gurih ini, selain bumbu yaitu dengan menggunakan air rebusan daging atau memasukkan tulang sapi atau daging yang menempel di tulang (tetelan). Selamat mencoba.

Similar Posts