Cara Membasmi Rumput Ilalang

Di artikel saya kali ini akan membahas tentang cara membasmi rumput ilalang secara ampuh. Untuk anda  yang di sekitar rumah atau kebun ditumbuhi oleh rumput ilalang pastinya geram sekali untuk membasminya.

Pembasmian rumput ini memanglah sulit jika tidak dilakukan secara tuntas. Anda juga dapat mempelajari tentang cara membasmi rumput liar yang lainnya.

Mari langsung saja kita bahas tentang cara membasmi rumput ilalang yang ampuh di bawah ini.

Pembasmian Rumput Ilalang

Rumput ilalang atau yang sering disebut juga rumput alang – alang merupakan salah satu jenis rumput liar atau gulma. Gulma merupakan musuh para petani utamanya karena pengganggu pertumbuhan tanaman. Rumput gulma dapat tumbuh pada lahan kosong ataupun disekitar tanaman peliharaan.

Sepertinya namanya rumput ini tumbuh secara liar dapat tumbuh dimana saja. Ada beberapa macam jenis gulma yaitu gulma berdaun lebar dan ada juga gulma yang berdaun sempit. Salah satu jeni gulma yang sering kita temui di daerah kita adalah rumput ilalang atau alang – alang.

Bagi yang belum tahu, membasmi rumput ilalang ini pasti dianggapnya sulit. Akan tetapi jika yang sudah paham caranya pastilah mudah untuk dilakukan.

Sebelum kita bahas tentang cara membasmi rumput ilalang, apakah anda sudah mengetahui rumput ilalang atau alang – alang di sekitar anda?

Rumput ilalang atau alang – alang ini biasanya tumbuh di lahan tanah keras dan mempunyai ciri – ciri daun yang tajam. Pertumbuhan rumput ini sangat cepat apalagi di lahan tanah yang habis dibakar.

Cara Membasmi Rumput Ilalang

1. Menggunakan Herbisida

Cara membasmi rumput ilalang yang pertama adalah dengan menggunakan herbisida. Pilihlah herbisida yang mengandung bahan aktif berupa glyphosate atau isoproply amina. Untuk mengetahuinya anda bisa cek pada tulisan yang ada di wadah.

Setelah anda sudah menemukan herbisida yang sesuai maka sebaiknya anda langsung segera menyemprotkan herbisida ke rummput alang – alang. Usahakan saat menyemprotkan herbisida sampai rata agar rumput alang – alang atau ilalang dapat mati dengan tuntas dan merata.

2. Tebas Lalu Membakarnya

Cara kedua yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menebas rumput ilalang atau alang – alang dan setelah kering langsung membakarnya hingga habis. Akan tetapi dengan cara membakar rumput ilalang pun ada kelemahan yang dimilikinya. Yaitu dapat mempercepat tumbuhnya rumput ilalang atau alang – alang tersebut.

3. Mencabut Sampai Akar

Jika jumlah rumput ilalang atau alang – alang tidak terlalu banyak maka cara yang dapat dilakukan adalah mencabut rumput sampai ke akar – akarnya. Usahakan sampai benar – benar akarnya terangkat sampai tuntas. Karena ini akan membantu memperlambat tumbuhnya rumput ilalang itu.

Manfaat Seta Khasiat Rumput Ilalang

Selain dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya, akan tetapi rumput ini mempunyai manfaat yang dikandungnya. Berikut ini manfaat dan khasiatnya :

  • Obat Keputihan

Siapkan 500 gram akar alang – alang, 2-3 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari direbus menggunakan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.
  • Melancarkan Air Seni

250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
  • Obat Mimisan, hepatitis

Cuci 200 gram akar alang-alang, rebus dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring, untuk diminum 3 kali sehari.
  • Obat Radang Paru-paru

500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati yang sudah kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Larutan ini untuk diminum 2 kali sehari.
  • Obat Asma

Siapkan 100 gram akar alang – alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus menggunakan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.
  • Obat Diare

250 gram akar alang -alang dicuci, rezbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum hanya 1 gelas, segera setelah sudah buang air besar.
  • Obat penyakit Kencing Batu

Siapkan 100 gram akar alang-alang, setengah genggam daun meniran, setengah genggam daun kumis kucing, rebus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari dengan menggunakan 1 gelas sampai batu keluar.
Demikianlah artikel yang dapat saya tulis tentang Cara Membasmi Rumput Ilalang. Mungkin anda juga tertarik untuk mempelajari tentang Belajar Cara Merawat Rumput Gajah Mini Yang Baik Dan Benar.
Similar Posts