cara laminating sendiri dengan setrika

Cara Laminating Sendiri dengan Setrika

Cara laminating sendiri dengan setrika – Melaminating dokumen merupakan salah satu cara melindungi dokumen penting agar tidak mudah rusak, seperti ijazah, akta lahir, SK pegawai, sertifikat pendidikan, atau bahkan KTP.

Hal tersebut dilakukan agar dokumen tidak mengalami kerusakan dengan cepat yang disebabkan oleh berbagai hal, semisal terkena air, kotoran, dimakan kutu buku atau rayap.

Namun terkadang karena ada beberapa hal yang ingin kita lakukan terhadap dokumen tersebut kita harus melepaskan plastik pelindung yang digunakan saat proses laminating.

Saya pun mengalami hal demikian, saat ingin memfotocopy dokumen yang dilaminating, hasilnya kurang memuaskan karena plastik pelindung sudah buram. Alhasil saya harus melepas terlebih dahulu plastik laminating dokumen tersebut.

Laminating kertas adalah suatu proses dimana anda membuat suatu lapisan plastik pada permukaan suatu dokumen. Plastik dipanaskan dan dibentuk disekeliling dokumen untuk mencegah kerusakan karena masuknya air atau tergores. Banyak orang melaminating dokumen-dokumen penting, gambar-gambar atau kenang-kenangan dengan menggunakan mesin laminating.

Dokumen yang dilaminating umumnya akan bertahan lama daripada dokumen yang tidak dilaminating, namun seringkali suhu lingkungan tempat menyimpan dokumen yang kurang baik, justru menyebabkan dokumen yang dilaminating akan rusak.

Misalkan suhu yang terlalu lembab menyebabkan dokumen berjamur karena plastik laminating berembun, atau akan menyebabkan dokumen menempel pada plastik laminating.

Perbedaan Laminating dengan Press

1. Laminating

Laminating merupakan tindakan Melapisi barang yang tipis dengan lapisan yang lebih tebal dan keras pada kedua sisinya. Sedangkan untuk lapisan yang digunakan untuk melapisi adalah bahan yang terbuat dari plastik, tetapi plastik yang digunakan adalah plastik khusus yaitu plsatik laminasi yang sudah memiliki perekat pada bagian sisinya.

Pada proses laminasi dilakukan dengan cara melapisi barang biasnya kertas dengan menggunakan plastik laminasi di kedua sisinya, kemudian plastik laminasi dipanaskan dengan menggunakan mesin laminator dengan suhu tinggi setinggi kurang lebih >100 derajat.Mesin Laminator ini mempunyai 2 roler yang akan menggerakkan barang yang akan dilaminasi dan berfungsi menjepit/merekatkan plastik pada barang yang akan dilaminasi.

Dan hasil proses laminasi ini akan membuat barang yang dilaminasi terlindungi dengan lapisan plastik kaku dan mengkilat. Sehingga barang / dokumen yang di-laminasi awet dan tahan terhadap kotoran / hal – hal yang dapat merusak barang tersebut.

Tetapi kekurangannya adalah kita tidak bisa lagi membuka plastik laminasi tersebut karena plastik tersebut sudah menempel dan merekat kuat pada barang yang di-laminasi, jika dipaksa maka barang akan rusak / sobek.

2. Press Mika

Walaupun sama – sama menggunakan lapisan plastik laminasi, akan tetapi press tidak menggunakan proses perekatan pada sisi-sisi dokumen. Yang direkatkan hanya pada bagian tepi plastiknya saja.

sehingga jika suatu waktu nanti kita ingin membuka lapisan plastiknya masih bisa dan tidak akan merusak barang yang dibungkus atau sudah di-press.

 

Anda bisa melaminating sendiri dengan setrika tanpa harus menggunakan mesin laminating. Berikut ini saya akan memberitahu bagaimana cara laminating sendiri dengan setrika yang aman.

Cara Laminating Sendiri Dengan Setrika

Cara Laminating Sendiri dengan Setrika

Yang Perlu Disiapkan dalam Cara Laminating Sendiri Dengan Setrika

  • Kain handuk atau kain yang agak tebal semisal sajadah.
  • Gunting/pisau cutter
  • Siapkan setrika

Cara Laminating Sendiri Dengan Setrika

  1. Panaskan setrika dengan panas sedang
  2. Masukkan kartu/dokumen pada plastik laminating, usahakan tata letaknya pas ya
  3. Letakkan kartu yang sudah di beri plastik laminating di tempat yang datar. Pada bagian atasnya di tutupi kain (jangan terlalu tipis dan tebal). Anda bisa gunakan kain lap.
  4. Setrika pada bagian atasnya, lihat hasilnya apabila kertas laminating ada yang belum melekat sempurna anda bisa ulangi kembali hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara diatas adalah cara yang telah saya praktekkan dan alhamdulillah berhasil dan kondisi dokumen saya 98% baik.

Biasanya saat permukaan dokumen dipanaskan, plastik laminating akan sedikit berubah dan muncul rongga udara diantara plastik dan dokumen karena adanya perubahan suhu normal ke panas.

Demikian tips dari saya, semoga artikel Cara laminating sendiri dengan setrika yang Aman semoga memberi manfaat bagi anda dan dokumen anda tetap dalam kondisi yang baik. Untuk melaminating dengan hasil yang lebih baik, tentunya anda bisa menggunakan mesin laminating cara kerja mesin laminating pun hampir sama dengan mesin vacuum sealer tetapi vacuum sealer untuk makanan, Terima kasih dan Selamat mencoba.

 

Similar Posts