cara buat agar gula merah santan

Kali ini saya alan membahas mengenai cara buat agar gula merah santan yang memiliki citarasa yang khas serta proses pembuatannya yang sederhana.

Nah siapa sih yang nggak tahu olahan yang satu ini, olahan ini bisa menjadi camilan serta menjadi makanan pencuci mulut. Mungkin banyak dari anda yang telah tahu cara membuatnya, namun bagi anda yang belum tahu dan ingin tahu berikut ini cara buat agar gula merah santan yang bisa anda coba dirumah.

Cara Buat Agar Gula Merah Santan

cara buat agar gula merah santan

Bahan yang Diperlukan :

  • 2 Bungkus agar” swallow globe ( boleh coklat)
  • 2-3 Sachet SKM putih
  • 1 Santan instan (200ml)
  • 5-6 gelas belimbing air (secukupnya)
  • Sejumput garam
  • Sdkt kayu manis
  • Gula merah
  • Boleh tambah gula pasir jika di perlukan

Langkah untuk Membuat Agar Gula Merah Santan :

  1. Ambil wadah panci isi dengan ukuran air (secukupnya) lalu masukan agar agar swallow globe,santan,SKM,garam,gula merah,kayu manis & gula pasir jika dirasa di perlukan
  2. Nyalakan api sedang jangan terlalu besar ingat tetap harus sambil di aduk terus-menerus agar santan tidak pecah & hingga mendidih (koreksi rasa) jika agar agar sudah matang matikan api lalu saring dan anda bisa mulai mencetaknya.
  3. Lalu diamkan di darat sebentar setelah itu boleh masukan ke dalam lemari es sebelum di hidangkan

Manfaat Mengkonsumsi Gula Merah

1. Menurunkan Berat Badan

Gula memiliki kandungan kadar potasium yang dapat dibilang tinggi yang berfungsi untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mempertahankan keseimbangan elektrolit didalam tubuh, dan juga untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga Anda dapat membakar kalori yang lebih banyak .

2. Membersihkan Darah

Gula merah memiliki efek yang menguntungkan pada darah yaitu dengan memurnikan dan membersihkan darah, ketika dikonsumsi secara teratur. Gula merah juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin yang ada didalam darah dan memperkuat sistem kekebalan pada tubuh.

3. Mengobati Masalah Menstruasi

Gula merah mampu berperan sebagai pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi banyak masalah mengenai menstruasi. Termasuk juga meringankan efek kram saat menstruasi dan sakit perut.

4. Mencegah Anemia

Apakah Anda tahu bahwa gula merah itu dapat membantu mencegah terjadinya peyakit anemia? Gula merah memang kaya akan kandungan zat besi dan folat yang berfungsi membantu mencegah anemia dengan cara mempertahankan kadar normal sel darah merah dalam tubuh.

5. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Gula merah mengandung banyak sifat alami yang berfungsi untuk membantu kelancaran fungsi pada sistem saraf. Ini juga dapat membantu mencegah masalah utama yang berkaitan dengan sistem saraf.

6. Mencegah Masalah Pernafasan

Dengan mengkonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pada sistem pernapasan seperti halnya asma dan bronkitis. Pakar kesehatan pun menyarankan untuk menggabungkan gula merah dengan biji wijen untuk manfaat yang maksimal bagi pernapasan anda.

7. Kaya Antioksidan

Gula merah dikemas dengan antioksidan, terutama selenium yang  berfungsi membantu mencegah berbagai efek dari radikal bebas. Mencampur gula merah dengan teh atau air hangat dipercaya akan mengobati pilek dan batuk serta akan dapat menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Jika Anda menderita nyeri sendi, dianjurkan untuk makan gula merah. Para ahli menyarankan bahwa mengkonsumsi gula merah dengan sepotong jahe membantu meringankan rasa nyeri pada sendi.

Juga, minum segelas susu hangat yang dicampur dengan satu sendok makan gula merah, maka itu dapat memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.

9. Membantu Masalah Kencing

Gula merah adalah diuretik alami dan membantu dalam merangsang buang air kecil, yang sebenarnya bagus untuk orang yang sedang mengalami masalah kesulitan dalam buang air kecil.

Banyak yang merekomendasikan untuk meminum gula merah dengan susu panas untuk mengobati masalah kencing dan ini akan meningkatkan aliran urin pada tubuh.

10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Dengan mengkonsumsi gula merah yang dicampur dengan bubuk amla dapat membantu dalam meningkatkan kualitas sperma. Gula merah dikenal dapat meningkatkan produksi sperma dan juga dapat membantu dalam mengurangi kelemahan tubuh dan mencegah terjadinya masalah kencing pada pria.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara membuat agar agar gula merah santan yang bisa anda coba membuatnya dirumah, semoga anda berhasil dan yang jelas kenyangnya. Selain itu saya sedikit mengulas mengenai manfaat yang didapat jika rutin mengkonsumsi gula merah bagi kesehatan kita.

Namun semua itu juga harus sesuai dengan aturan yang benar, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Nah bagi anda yang gemar membuat olahan baru dirumah, saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba untuk membuatnya dirumah Resep Kue Dadar Gulung Kering yang Enak dan Nikmat

Similar Posts