bawang hitam bahaya

Bawang Hitam Bahaya?  Mau tahu ? Yuk simak penjelasan  berikut. Bawang hitam merupakan bawang yang bahan dasarnya tetap terbuat dari bawang putih.

Mungkin kebanyakan orang  masih bingung dengan penjelasan tersebut. Sebenarnya bawang hitam bukanlah jenis bawang baru. Bawang ini dibuat dengan tahap fermentasi menggunakan panas dan kelembaban tertentu.

Hasilnya yaitu bawang putih yang berubah warna menjadi hitam dengan tekstur yang lembut dan rasa yang tentu saja enak.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Diet Tanpa Bahan Kimia

Maanfaat Bawang Hitam

  1. Mengurangi Gula Darah

Manfaat dari bawang hitam salah satunya dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan bawang hitam membantu meningkatkan produksi insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang hitam mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Bawang hitam juga dapat menurunkan molekul JNK dan p38MAPK yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Peran atau manfaat dari bawang hitam sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat pertumbuhan, dan mematikan sel kanker.

  1. Menurunkan Kolesterol

Bawang hitam mampu untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Faktanya mengonsumsi bawang hitam secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga mencapai 15 persen.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Bawang hitam juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi bawang hitam setiap hari secara rutin tekanan darah yang tinggi dapat berkurang hingga 8 persen.

  1. Mencegah Infeksi

Bawang hitam memiliki sifat anti biotik, anti jamur dan anti mirkroba sehingga dapat membantu tubuh untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur ataupun bakteri.

  1. Menurunkan Risiko Terserang Penyakit

Bawang hitam mempunyai kandungan antioksidan yang jauh lebih banyak dari bawang putih sehingga bawang hitam dapat lebih efektif dalam mengurangi resiko terserang berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Tentu saja selain terdapat sejumlah manfaat di atas, masih banyak manfaat yang dimiliki oleh bawang tersebut hitam. Meski demikian, masih ada banyak orang yang meragukan manfaat dari bawang hitam ini. Bahkan ada beberapa orang yang menganggapnya cukup berbahaya jika mengkonsumsi bawang hitam secara rutin.

Bawang hitam bahaya benarkah? Mungkin itulah yang terlintas di dalam benak saat membaca berbagai informasi mengenai bawang hitam ini. Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sederhana, yaitu tidak berbahaya sama sekali. Bawang hitam sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mampu mengobati berbagai jenis penyakit bahkan yang berbahaya  sekalipun.

Memang ada beberapa efek samping tertentu yang akan Anda rasakan. Tetapi itu hanya terjadi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan dan tidak teratur. Selain itu, efek sampingnya juga tidak terlalu berbahaya atau mengkawatirkan.

Efek samping dari bawang hitam yang perlu Anda ketahui

  1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa terjadi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak bawang hitam secara tidak teratur. Umumnya efek samping yang Anda rasakan adalah diare dan perut yang terasa mual. Selain itu, kadar asam lambung juga kemungkinan dapat meningkat.

Jadi ada baiknya Anda tidak mengonsumsi bawang hitam secara berlebihan dan tidak teratur. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari efek samping ini.

  1. Pendarahan Yang Berlebihan

Jika Anda akan melakukan operasi, maka sangat disarankan menghindari mengkonsumsi bawang hitam ini. Karena di dalam bawang hitam memiliki kandungan antikoagulan yang dapat membantu tubuh dalam mengencerkan darah.

Berikut adalah beberapa reaksi alergi yang dapat ditimbulkan oleh bawang hitam.

  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Sesak nafas
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Kulit mengelupas
  7. Ruam

Sama seperti alergi yang disebabkan oleh hal lainnya, alergi pada  bawang hitam juga terjadi akibat kesalahan identifikasi dari sistem kekebalan tubuh terhadap bawang hitam ini.

Similar Posts