Banyaknya Problematika Dana Desa   Desa bukan lagi menjadi objek dari pembangunan, tetapi desa menjadi titik sentral pelaksanaan pembangunan diwilayahnya. Oleh karena itu aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus benar-benar mempersiapkan kemampuan desa melaksanakan Undang-Undang Desa.

problematika dana desa

Bupati Melawi, Panji, saat rapat umum tahunan Pemkab Melawi tahun 2017 di pendopo Melawi baru-baru ini menyebutkan, ditahun 2016 banyak permasalahan yang timbul dari pengelolaan dana desa, diantaranya dokumen pendukung untuk pengelolaan dana desa seperti RPJMDes, RKPDes, LKPPD dan APBDes belum sesuai dengan mekanisme yaitu melalui rembuk desa.

Selain itu sebut Bupati, kegiatan yang dianggarkan dalam APBDes juga masih ada yang bukan merupakan kegiatan prioritas kebutuhan masyarakat setempat. Permasalahan lainnya lanjut Bupati adalah dalam melaksanakan kegiatan tidak dilaksanakanan secara swakelola masyarakat, namun menggunakan pihak ketiga.

Akibat Problematika Dana desa

Akibat dari hal-hal tersebut kata Panji timbulnya berbagai permasalahan seperti muncul indikasi pemborosan anggaran dalam penggunaan APBDes.

Sehinggakegiatan yang dibangun untuk memberikan manfaatkepada masyarakat belum dapat dimaksimalkan dan harapan untukdapat meningkatkan ekonomi masyarakat mandiri juga belum tercapai.

baca juga Permasalahan Dana Desa dan Pentingnya Partisipasi Pemuda

Panji berharap jangan sampai terjadi ketidak sepahaman antara kepala desa dengan BPD pada kegiatan yang akan dikerjakan. Tahun2017 ini pagu danadesa bersumber dari APBN diMelawi Rp132.907.851.000,ADD dan dana bagihasil pajak dan retribusi daerah bersumber APBD Melawi Rp63.848.226.664.

“Dengan pendapatan desa yang meningkat, aparatur Pemerintah Desa harus dapat mengelola keuangan desa berdasarkan asas pengelolaan keuangan desa yaitu transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan displin anggaran.” ungkap Panji.

“Hindari penyimpangan penggunaan dana desa, jangan sampai tersangkut masalah hukum, karena dana desa diperiksa Inspektorat dan BPK,” jelasnya. (Sirait)

sekian dan terima kasih apa yang telah di sampaikan di atas mengenai banyak nya problematika dana desa semoga bisa bermanfaat. untuk info menarik lain nya silakan klik disni di jamin akan menambah wawasan kita salam sukses untuk kita semua dan jangan lupa share artikel ini.

Similar Posts